OJK Perketat Regulasi Fintech untuk Lindungi Konsumen

OJK Perketat Regulasi Fintech untuk Lindungi Konsumen
Admin • 10 Oktober 2024 • Dilihat 149

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya menjaga stabilitas sistem keuangan digital yang semakin berkembang pesat. Salah satunya OJK telah mengumumkan akan memperketat regulasi terhadap perusahaan fintech. Langkah ini diambil untuk melindungi konsumen dari potensi risiko dan memastikan operasional fintech berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Beberapa poin penting dalam peraturan baru OJK antara lain:

  • Perlindungan Data Pribadi: Fintech diwajibkan untuk menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindungi data pribadi konsumen, seperti nomor identitas, data transaksi, dan informasi keuangan lainnya. Selain itu, OJK akan melakukan pemeriksaan berkala terhadap sistem keamanan yang digunakan oleh perusahaan fintech untuk memastikan keandalannya.
  • Persyaratan Modal: Perusahaan fintech diharuskan memiliki modal yang cukup guna mendukung kegiatan operasional dan menanggung risiko bisnis. Persyaratan modal ini akan disesuaikan dengan jenis layanan fintech yang ditawarkan, sehingga dapat lebih relevan dengan skala operasi perusahaan.
  • Pengawasan Lebih Ketat: OJK akan memperkuat pengawasan terhadap fintech, termasuk melakukan pemeriksaan rutin dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Kemudian OJK juga akan meningkatkan kerjasama dengan lembaga internasional untuk berbagi informasi dan best practices dalam pengawasan fintech.

 

Dengan peraturan lebih ketat akan memberikan rasa aman bagi konsumen sehingga mereka lebih percaya untuk menggunakan layanan fintech, salah satunya seperti aplikasi mobile  Star Xperience yang telah dikembangkan oleh DSF untuk menyediakan berbagai kebutuhan layanan bagi Pelanggan  DSF.

 

OJK juga akan memberikan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami risiko dan manfaat penggunaan layanan fintech. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilih perusahaan fintech yang terpercaya dan menggunakan layanan fintech dengan bijaksana. Sehingga fintech dapat tumbuh secara berkelanjutan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

 

Sumber : Diolah dari berbagai Sumber

News Section
Berita Terkait
Menampilkan berita-berita terkait dari Dipo Star Finance
News Section
Berita Terkait
Menampilkan berita-berita terkait dari Dipo Star Finance