Beda Karakteristik, Ini Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Beda Karakteristik, Ini Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Admin • 16 Oktober 2024 • Dilihat 24

Ketika dihadapkan untuk memilih mobil, Anda pasti juga dihadapkan pada pilihan mesin, apakah bensin atau diesel? Perbedaan mesin akan mempengaruhi karakteristik mobil yang Anda pilih. Mobil dengan mesin diesel biasanya lebih hemat bahan bakar, namun memiliki getaran yang lebih terasa. Sedangkan, mobil dengan bahan bakar bensin lebih boros bensin, namun getarannya minim.  Ada baiknya, Anda mengetahui preferensi berkendara Anda terlebih dahulu sebelum memilih mobil yang Anda inginkan.

 

Perbedaan Mesin Bensin dan Diesel

 

Mesin Bensin: Lebih Halus dan Minim Getaran

Mesin bensin pada umumnya lebih halus dibandingkan mesin diesel. Salah satu keunggulannya adalah minim getaran dan suara yang lebih rendah, yang menjadikan pengalaman berkendara lebih nyaman. Dalam hal perawatan, kerusakan pada mesin bensin lebih mudah dikenali.

 

Namun, jika dibandingkan dengan mesin diesel, mesin bensin lebih boros bensin. Hal ini dikarenakan torsi yang dihasilkan lebih besar. Selain itu, mobil bensin juga harus diisi dengan bensin dengan oktan yang sesuai agar mesin lebih awet.

 

 

Mesin Diesel: Lebih Bertenaga dan Efisien

Mobil diesel memiliki keunggulan dalam efisiensi bahan bakar, apalagi jika dilakukan pada perjalanan jarak jauh. Torsi pada rpm rendah yang dihasilkan mesin diesel pun lebih tinggi, yang cocok untuk dibawa ke medan yang cenderung lebih sulit, atau bahkan untuk kegiatan off-road.

 

Meski begitu, mesin diesel memiliki getaran yang lebih terasa, dan perawatan mobil yang lebih sulit dibandingkan mesin besin. Dari sisi emisi, mobil diesel pun menghasilkan emisi yang lebih banyak, dikarenakan bahan bakarnya (solar) mengandung lebih banyak sulfur daripada bensin.

 

Mesin Diesel atau Bensin? Mitsubishi punya Pilihannya

Mobil Mitsubishi seperti Xpander dan XForce menggunakan mesin bensin, sehingga sangat cocok untuk dibawa berkendara di daerah perkotaan. Getaran yang halus dan performa yang baik menjadi nilai plus agar pengalaman berkendara Anda jadi lebih nyaman dan aman.

 

Sedangkan, mobil bermesin diesel, seperti Pajero Sport cocok untuk Anda yang juga ingin bertualang ke medan off-road ringan. Seperti karakteristik mobil diesel, Pajero Sport dikenal memiliki mesin tangguh dan dapat diandalkan.

 

Cicil Mitsubishimu di DSF

Sudah memutuskan mobil Mitsubishi yang cocok? Sebelum membeli, yuk lihat paket kredit menarik dari DSF, seperti bunga mulai 0% atau DP rendah. Cek promo cicilan Mitsubishi di DSF.

 

*image by j.comp on Freepik

News Section
Berita Terkait
Menampilkan berita-berita terkait dari Dipo Star Finance
News Section
Berita Terkait
Menampilkan berita-berita terkait dari Dipo Star Finance