Multifinance Day dan FINEXPO 2024: Mendorong Literasi Keuangan Bersama OJK

Multifinance Day dan FINEXPO 2024: Mendorong Literasi Keuangan Bersama OJK
Admin • 01 Oktober 2024 • Dilihat 388

Dua acara besar terkait literasi keuangan akan segera hadir di Indonesia pada bulan Oktober 2024, yaitu FINEXPO pada tanggal 3-6 Oktober 2024 di Balikpapan, dan Multifinance Day yang akan diselenggarakan tanggal 11-13 Oktober 2024 di Pontianak. Kedua acara ini diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan survei OJK pada tahun 2022, tingkat literasi keuangan di Indonesia mencapai sekitar 49%, yang menunjukkan bahwa hampir setengah dari populasi masih belum memahami produk dan layanan keuangan dengan baik. Oleh karena itu, upaya seperti ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk keuangan dan mendorong terciptanya keputusan keuangan yang lebih cerdas.

Selain literasi, OJK juga menargetkan peningkatan inklusi keuangan, yaitu akses masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan yang terjangkau. Dengan adanya pameran seperti Multifinance Day dan FINEXPO, masyarakat tidak hanya akan mendapatkan edukasi mengenai keuangan, tetapi juga didorong untuk lebih aktif memanfaatkan layanan keuangan yang ada.

 

FINEXPO 2024 - Balikpapan

FINEXPO merupakan ajang pameran finansial terbesar yang melibatkan berbagai lembaga keuangan seperti bank, asuransi, fintech, dana pensiun, serta perusahaan multifinance termasuk DSF yang akan ikut dalam pameran ini. Acara ini bertujuan untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan di wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya pada tanggal 3-6 Oktober 2024.

FINEXPO 2024 di Balikpapan akan menjadi platform di mana masyarakat bisa mengeksplorasi berbagai produk keuangan, dari tabungan, kredit, asuransi, hingga investasi. Pameran ini menawarkan kesempatan bagi masyarakat untuk langsung berinteraksi dengan lembaga keuangan, mendapatkan informasi mengenai produk keuangan yang cocok untuk kebutuhan mereka, serta mempelajari cara mengelola keuangan secara bijak.

Selain itu OJK akan menyediakan berbagai sesi edukasi dan seminar tentang pentingnya literasi keuangan untuk lebih memahami pentingnya perencanaan keuangan, investasi yang aman, serta menghindari risiko penipuan finansial yang kerap terjadi. Acara ini juga merupakan kesempatan besar untuk mengenalkan teknologi finansial (fintech) yang semakin berkembang pesat di Indonesia.

 

Multifinance Day 2024 - Pontianak

Multifinance Day merupakan upaya OJK bersama industri pembiayaan atau multifinance untuk memperkenalkan lebih dekat produk-produk pembiayaan kepada Masyarakat, khususnya di Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 11-13 Oktober 2024.

Selama acara, masyarakat akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai produk-produk pembiayaan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan multifinance, termasuk DSF yang juga ikut berpartisipasi, seperti kredit kendaraan bermotor, pembiayaan rumah, hingga pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM). Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan akses langsung untuk melakukan konsultasi keuangan, simulasi kredit, serta mendapatkan penawaran khusus dari perusahaan pembiayaan yang berpartisipasi. Ini adalah langkah strategis untuk mendorong masyarakat memahami produk pembiayaan dan bagaimana cara memanfaatkannya secara optimal tanpa terjerat hutang yang berlebihan.

 

Melalui acara seperti ini, OJK berharap bisa menjembatani kesenjangan informasi antara industri keuangan dan masyarakat, serta mendorong terciptanya ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan. Harapan kedepan, dengan adanya kegiatan seperti Multifinance Day dan FINEXPO, masyarakat Indonesia semakin paham akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik

Khusus bagi masyarakat Pontianak dan Balikpapan, yuk jangan lewatkan kesempatan ini! Ini kesempatan emas untuk memperdalam pengetahuan finansial agar lebih bijak dalam mengelola keuangan, serta mendapatkan akses langsung ke produk dan layanan keuangan, serta memanfaatkan berbagai promo menarik dari DSF dan lembaga keuangan lainnya.

 

Sumber: Diolah dari berbagai Sumber

News Section
Berita Terkait
Menampilkan berita-berita terkait dari Dipo Star Finance
News Section
Berita Terkait
Menampilkan berita-berita terkait dari Dipo Star Finance